Beranda Nasional Bahas Pilkada Serentak, Menteri Luhut Bertemu Pimpinan Parpol

Bahas Pilkada Serentak, Menteri Luhut Bertemu Pimpinan Parpol

66
0
Sebarkan
Ilustrasi pemungutan suara: Warga memberikan suara saat simulasi pemungutan suara di TPS Kecamatan Tanah Abang, Jakarta Pusat, Senin 3/3/2013. (FotoTRIBUNNEWS/HERUDIN)
Ilustrasi pemungutan suara: Warga memberikan suara saat simulasi pemungutan suara di TPS Kecamatan Tanah Abang, Jakarta Pusat, Senin 3/3/2013. (FotoTRIBUNNEWS/HERUDIN)

Jakarta, sewarga.com – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Luhut Binsar Pandjaitan mengundang seluruh pimpinan partai politik untuk bersilaturahim di Hotel Borobudur, Jakarta, Jumat (16/10/2015) siang.

Dalam pertemuan ini, Luhut akan membicarakan persiapan menuju digelarnya pemilihan kepala daerah (pilkada) secara serentak.

Acara pertemuan terjadwal dimulai pukul 13.00 WIB. Sejumlah pimpinan partai politik sudah mulai hadir, di antaranya Ketua Umum Partai Golkar hasil Munas IX Bali Aburizal Bakrie bersama wakilnya Ade Komarudin, dan Sekjen DPP PKB Abdul Kadir Karding.

Ketua KPU Husni Kamil Manik, Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara, Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo dan Kapolri Jenderal Pol Badrodin Haiti juga nampak hadir di lokasi. Sampai pukul 13.12 WIB acara belum dimulai.

Pilkada serentak digelar pada 9 Desember 2015 di lebih dari 260 daerah tingkat provinsi, kabupaten/kota. Pilkada selanjutnya digelar pada Februari 2017 di 7 provinsi, 76 kabupaten, dan 18 kota.

Pada Juni 2018, akan digelar pilkada di 17 provinsi, 115 kabupaten, dan 39 kota. Secara nasional, pilkada serentak, akan digelar pada tahun 2027, di 541 daerah.

Pelantikan gubernur terpilih akan dilakukan oleh Presiden, secara bersamaan di Istana Negara. Untuk bupati dan walikota pelantikannya akan tetap dilaksanakan dalam sidang paripurna DPRD kabupaten/kota.

sumber: kompas.com


Artikel ini ditulis oleh kontributor. Segala proses penulisan diluar tanggung jawab sewarga. Sewarga adalah wadah warga untuk memuat karya tulisannya.