Beranda Ekonomi BI Sambut Baik Rencana Pemerintah Impor Beras 1 Juta Ton

BI Sambut Baik Rencana Pemerintah Impor Beras 1 Juta Ton

57
0
Sebarkan
Bank Indonesia
Bank Indonesia

Jakarta, sewarga.com – Bank Indonesia (BI) menyambut baik rencana pemerintah melakukan impor beras 1 juta ton dalam waktu dekat.

“Mengenai beras, pemrintah akan impor beras 1 juta ton dari Vietnam, tentu saja ini positif,” ujar Direktur Eksekutif Kebijakan Ekonomi dan Moneter BI Juda Agung saat konferensi pers di Kantor BI, Jakarta, Kamis (15/10/2015).

Dia menjelaskan, impor beras sangat bermanfaat karena di penghujung tahun biasanya dampak El Nino akan semakin terasa sehingga kekeringan lahan pertanian bisa semakin parah.

“Ini karena el nino sampai lahir tahun akan semakin kuat. Ini (impor beras) bisa antisipasi itu,” kata Juda.

Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus Martowardojo sempat secara khusus mewaspadai ketersediaan pangan dan distribusinya. Pasalnya, kedua faktor itu akan mempengaruhi harga pangan sehingga bisa menjadi pemacu utama inflasi.

“Secara khusus kita waspadai sektor pangan. Pangan itu selalu jadi tantangan Indonesia, kita harus sama-sama menjadi ketersediaan, distribusi dan kewajaran dari harganya,” ujar Agus di Jakarta, Kamis (7/5/2015).

Dia mengatakan, hal diatas sangat berpengaruh kepada inflasi. Padahal saat ini pemerintah sedang menjaga saya beli masyarakat untuk menjaga pertumbuhan ekonomi. Dalam banyak kasus, pemerintah daerah tak mampu menjaga harga pangan, apalagi menjelang Ramadhan.

sumber: Berbagai sumber


Artikel ini ditulis oleh kontributor. Segala proses penulisan diluar tanggung jawab sewarga. Sewarga adalah wadah warga untuk memuat karya tulisannya.