Beranda Nasional DKI dan KPK Akan Buat Model Baru LHKPN

DKI dan KPK Akan Buat Model Baru LHKPN

80
0
Sebarkan
Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama saat wawancara wartawan, di Balai Kota, Senin (12/10/2015).
Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama saat wawancara wartawan, di Balai Kota, Senin (12/10/2015).

Jakarta, sewarga.com – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta bersama Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan membuat satu model baru Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN). Ke depan, LHKPN yang dilaporkan oleh pejabat negara akan lebih mendetail mengenai sumber pendapatan dan gaya hidup mereka.

“Saya mesti bikin satu model bersama KPK tentang LHPKN. Apa yang akan diperiksa dan dipilih untuk dimasukkan ke LHKPN,” kata Basuki di Balai Kota DKI, Jakarta, Jumat (16/10).

Nantinya, di dalam LHKPN, lanjut Basuki, akan diketahui sumber pendapatan pejabat negara. Karena sebagai pejabat negara, mereka tidak boleh menerima gaji dari pekerjaan lain. Kalau pun selama menjadi pejabat negara, kekayaan meningkat, maka dapat diketahui asal harta kekayaannya.

Tidak hanya itu, kalau pun memiliki harta kekayaan yang tidak sebanding dengan gaji yang didapat, dengan alasan pejabat negara tersebut keturunan keluarga kaya, maka akan mudah ditelusuri dengan model baru LHKPN tersebut.

“Sumber hidupnya dari mana. Sekarang kamu pikir, [seturut] logika atau enggak bila pejabat bergaji kecil, enggak boleh terima gaji dari lain, kamu punya hidup dari mana, turunan orang kaya dari mana, makanya kami coba untuk merumuskan,” terangnya.

Kalau perumusan model baru LHKPN sudah selesai, maka Basuki bersama KPK akan membuat video layanan masyarakat. Video itu untuk memberikan pengertian kepada masyarakat tentang LHKPN yang harus dilaporkan pejabat negara setiap tahunnya.

“Kami mesti bikin seperti videonya juga untuk disampaikan kepada masyarakat. Supaya mereka mengerti penyelenggaraan negara itu apa, LHKPN itu apa,” tuturnya.

sumber: Berbagai sumber


Artikel ini ditulis oleh kontributor. Segala proses penulisan diluar tanggung jawab sewarga. Sewarga adalah wadah warga untuk memuat karya tulisannya.