Beranda Nasional Fadli Zon Dukung Penghapusan Pasal Kretek dari RUU Kebudayaan

Fadli Zon Dukung Penghapusan Pasal Kretek dari RUU Kebudayaan

68
0
Sebarkan
Wakil Ketua DPR Fadli Zon, seusai menjadi narasumber dalam diskusi polemik di Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (8/8/2015).
Wakil Ketua DPR Fadli Zon, seusai menjadi narasumber dalam diskusi polemik di Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (8/8/2015).

Jakarta, sewarga.com – Wakil Ketua DPR Fadli Zon mendukung penghapusan pasal kretek dari Rancangan Undang-Undang tentang Kebudayaan. Keberadaan pasal ini menuai pro dan kontra.

“Secara pribadi saya setuju pasal kretek itu dihapus. Kita juga sudah meminta masukan dari masyarakat mengenai hal itu,” kata Fadli di Kompleks Parlemen, Kamis (15/10/2015).

Wakil Ketua Umum DPP Partai Gerindra itu, mengatakan, keberadaan pasal itu juga dipertanyakan, mengingat ada warisan kebudayaan lain yang harusnya masuk ke dalam RUU tersebut.

“Memang agak dilematis soal kretek itu. Terlalu banyak warisan-warisan budaya lain,” ujarnya.

Pasal kretek secara resmi dihapus dari draf RUU tentang Kebudayaan. Kesepakatan penghapusan pasal kretek ini disepakati pada rapat internal Komisi X, Selasa (13/10/2015) lalu. Keputusan ini diambil setelah diadakan konsultasi seluruh anggota Komisi X dengan pimpinan fraksi masing-masing.

“Rapat internal Komisi X yang dihadiri semua fraksi menyepakati pasal kretek tradisional dihapuskan dari RUU tentang Kebudayaan. Dengan demikian, RUU yang akan diajukan sebagai inisiatif DPR ini tidak akan lagi mencantumkan istilah ‘kretek tradisional’,” kata Ketua Komisi X DPR Teuku Riefky Harsya, Rabu (14/10/2015).

sumber: Berbagai sumber


Artikel ini ditulis oleh kontributor. Segala proses penulisan diluar tanggung jawab sewarga. Sewarga adalah wadah warga untuk memuat karya tulisannya.