Beranda Ekonomi Ini Surat Menteri ESDM yang Memberi Sinyal Positif Bagi Investasi Freeport

Ini Surat Menteri ESDM yang Memberi Sinyal Positif Bagi Investasi Freeport

599
0
Sebarkan
Surat Menteri ESDM, Sudirman Said yang ditujukan kepada Chairman of the Board Freeport McMoran Inc James R. Moffet (BeritaSatu.com/Rangga Prakoso)
Surat Menteri ESDM, Sudirman Said yang ditujukan kepada Chairman of the Board Freeport McMoran Inc James R. Moffet (BeritaSatu.com/Rangga Prakoso)

Jakarta, sewarga.com – PT Freeport Indonesia (FI) akhirnya mendapat kepastian investasi pascaberakhirnya kontrak karya (KK) di 2021. Kepastian itu berupa surat dari Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said.

Surat tertanggal 7 Oktober 2015 itu ditujukan kepada Chairman of the Board Freeport McMoran Inc James R. Moffet. Surat Nomor 7522/13/MEM/2015 itu berisi mengenai perpanjangan operasi. Presiden Joko Widodo pun mengetahui isi surat tersebut lantaran di akhir surat tertera tembusan Presiden Republik Indonesia.

Adapun bunyi surat itu;

Yang terhormat,
Sdr James R. Moffet
Chairman of the Board Freeport McMoran Inc

Terima kasih atas surat Saudara tanggal 7 Oktober 2015. Sehubungan dengan surat tersebut dapat kami sampaikan hal-hal sebagai berikut:

1. Sambil melanjutkan proses penyelesaian aspek legal dan regulasi, pada dasarnya PT Freeport Indonesia dapat terus melanjutkan kegiatan operasinya sesuai dengan kontrak karya hingga 30 Desember 2021.

2. Pemerintah telah menerima permohonan perpanjangan operasi PT Freeport Indonesia melalui surat tertanggal 9 Juli 2015, sebagaimana kami sampaikan melalui surat tanggapan Nomor 6665/05/MEM/2015 tanggal 11 September 2015.

3. Pemerintah Indonesia akan menyelesaikan penataan ulang regulasi bidang mineral dan batu bara agar lebih sesuai dengan semangat menarik investasi bidang sumber daya alam (SDA) di Indonesia. PT Freeport Indonesia dapat segera mengajukan permohonan perpanjangan operasi pertambangan, setelah diimplementasikannya penataan peraturan perundang-undangan. Lebih lanjut dipahami bahwa persetujuan atas permohonan tersebut nantinya akan memberikan kepastian dalam aspek keuangan dan hukum yang sejalan dengan isi kontrak yang saat ini berlaku.

4. Dapat ditegaskan bahwa terkait permohonan perpanjangan kontrak FI, kami memahami bahwa Pemerintah Indonesia dan FI telah berdiskusi dan menyepakati seluruh aspek dalam Naskah Kesepakatan Kerja Sama yang ditandatangani pada 25 Juli 2014. Pemerintah Indonesia juga berkomitmen untuk memastikan keberlanjutan investasi asing di Indonesia, namun karena perlunya penyesuaian peraturan yang berlaku di Indonesia, maka persetujuan perpanjangan kontrak PTFI akan diberikan segera setelah hasil penataan peraturan dan perundangan di bidang mineral dan batu bara diimplementasikan. Sebagai konsekuensi atas persetujuan tersebut, FI berkomitmen untuk menginvestasikan dana sebesar tambahan US$ 18 miliar untuk kegiatan operasi FI selanjutnya.

Atas perhatian Saudara, kami ucapkan terima kasih.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral
Sudirman Said

 

Staf Khusus Menteri ESDM Said Didu menuturkan surat 7 Oktober itu merupakan rangkaian korespondensi antara Menteri ESDM dengan Freeport Indonesia. Korespondensi pertama dilayangkan Freeport Indonesia pada 9 Juli 2015 mengenai permohonan perpanjangan operasi. Kemudian pada 11 September 2015, Menteri ESDM memberi tanggapan atas permohonan yang diajukan Freeport.

Pada 7 Oktober 2015, Freeport Indonesia merespon tanggapan Menteri ESDM tersebut. “Di tanggal yang sama Menteri ESDM mengirim surat ke Freeport yang menyatakan Freeport dapat terus melanjutkan kegiatan operasinya hingga 30 Desember 2021 dan Freeport berkomitmen untuk melakukan investasi dan meneruskan renegosiasi untuk menyesuaikan dengan peraturan perundangan yang ada,” kata Said di Jakarta, Jumat (16/10).

sumber: Beritasatu.com


Artikel ini ditulis oleh kontributor. Segala proses penulisan diluar tanggung jawab sewarga. Sewarga adalah wadah warga untuk memuat karya tulisannya.