Beranda Nasional Ketua DPR Apresiasi Upaya Pemerintah Atasi Kabut Asap

Ketua DPR Apresiasi Upaya Pemerintah Atasi Kabut Asap

93
0
Sebarkan
Kabut asap menyelimuti Kota Sawah Lunto, Sumatera Barat. (Beritasatu.com/Danung Arifin)
Kabut asap menyelimuti Kota Sawah Lunto, Sumatera Barat. (Foto Beritasatu.com/Danung Arifin)

Jakarta, sewarga.com – Ketua DPR Setya Novanto mengapresiasi upaya pemerintah dalam menanggulangi kabut asap akibat kebakaran hutan yang terjadi di sejumlah kawasan di Sumatera dan Kalimantan. Kerjasama semua pihak untuk menanggulangi asap sangat dibutuhkan karena sudah merenggut korban jiwa tersebut.

“Ada penjelasan dari Pak Luhut (Menko Polhukam) yang begitu lugas dan clear sehingga saya memberikan apresiasi kepada pemerintah yang sudah melakukan terobosan-terobosan. Kita baru mengetahui apa upaya yang sudah dilakukan pemerintah,” ujar Novanto seusai menggelar coffee morning pimpinan dan anggota DPR dengan Menko Polhukam Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup, Siti Nurbaya, dan Menteri Kesehatan, Nila F Moloek, di kompleks parlemen, Jakarta, Jumat (16/10).

DPR, kata Novanto, mengusulkan adanya tim pengawas (timwas) serta suatu manajemen dalam menghadapi bencana serupa di kemudian hari. Hal itu, kata dia, sangat penting agar dampak kabut asap tidak lagi seperti yang terjadi sekarang ini.

Sementara itu, Menko Polhukam, Luhut Pandjaitan, menyatakan, kebakaran hutan dan kabut asap bisa dituntaskan dalam empat pekan ke depan. Luhut berharap, upaya yang dilakukan pemerintah ini dapat terbantu dengan kondisi cuaca yang mendukung sepetti datangnya hujan.

“Pemerintah optimistis masalah kabut asap ini akan segera tertangani. Fasilitas untuk memadamkan kebakaran hutan cukup. Pemerintah juga akan memanfaatkan bantuan seperti pesawat water bombing yang datang dari negara lain, seperti Singapura, Rusia, dan Jepang,” katanya.


Artikel ini ditulis oleh kontributor. Segala proses penulisan diluar tanggung jawab sewarga. Sewarga adalah wadah warga untuk memuat karya tulisannya.