Beranda Nasional Menteri Luhut: Saya Akan Gunakan Kewenangan untuk Jaga Pilkada

Menteri Luhut: Saya Akan Gunakan Kewenangan untuk Jaga Pilkada

38
0
Sebarkan
Menko Polhukam Luhut Binsar Pandjaitan (Foto kompas.com/Indra Akuntono)
Menko Polhukam Luhut Binsar Pandjaitan (Foto kompas.com/Indra Akuntono)

Jakarta, sewarga.com –┬áMenteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Luhut Binsar Pandjaitan berjanji akan bekerja optimal untuk menyukseskan pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak akhir tahun nanti. Menurut Luhut, kesuksesan pilkada serentak adalah tantangan besar bagi demokrasi di Indonesia.

“Ini tantangan besar, maka dengan segala daya dan upaya kami akan mencegah kecurangan,” kata Luhut, saat menggelar silaturahim dengan pimpinan seluruh partai politik, di Hotel Borobudur, Jakarta, Jumat (16/10/2015).

Meski demikian, Luhut mengakui bahwa pelaksanaan pilkada serentak pasti akan diliputi kekurangan. Hal itu ia sebutkan untuk menanggapi adanya oknum aparat dan penyelenggara pemilu yang terlibat dalam kecurangan pilkada.

“Kalau ada, satu dua oknum-oknum tapi tidak akan menonjol. Kami tidak bermain-main dengan aturan, saya akan pergunakan kewenangan saya sebagai Menko Polhukam untuk menjaga pilkada sesuai peraturan,” ungkapnya.

Dalam kesempatan itu, Luhut juga menyampaikan perkembangan indeks demokrasi Indonesia. Ia mengungkapkan, saat ini kedewasaan berpolitik di Indonesia telah semakin matang dan tercermin dari peningkatan indeks demokrasi pada 2013 sebesar 63,72 persen dan meningkat menjadi 73,04 persen pada 2014.

Dari capaian nasional itu, kata Luhut, variabel peran partai politik juga menunjukkan kenaikan dengn capaian skor 61,76 atau meningkat dari kategori buruk ke kategori sedang.

sumber: kompas.com


Artikel ini ditulis oleh kontributor. Segala proses penulisan diluar tanggung jawab sewarga. Sewarga adalah wadah warga untuk memuat karya tulisannya.