Beranda Teknologi Pembuat Malware Raup Rp 54 Miliar per Hari dari Google Play

Pembuat Malware Raup Rp 54 Miliar per Hari dari Google Play

53
0
Sebarkan
Bermodal malware yang disusupkan ke dalam Google Play Store, sekelompok hacker berhasil meraup sekitar Rp 54 miliar setiap hari. (dok entertainweb)
Bermodal malware yang disusupkan ke dalam Google Play Store, sekelompok hacker berhasil meraup sekitar Rp 54 miliar setiap hari. (dok entertainweb)

Jakarta, sewarga.com – Baru-baru ini ditemukan sebuah malware yang diselipkan ke dalam berbagai aplikasi ternama. Temuan ini diungkap oleh perusahaan aplikasi Cheetah Mobile yang terkenal dengan Clean Master, Battery Doctor dan CM Security.

Program jahat yang disebut Ghost Push ini tergolong baru, dan setidaknya telah terpasang di 900 ribu perangkat Android di 116 negara.

Ghost Push bekerja dengan menyusup melalui aplikasi ternama yang dipublikasikan kembali oleh pihak ketiga, setalah diinstal aplikasi ini mengunduh aplikasi berbayar dan menampilkan iklan sebanyak mungkin di perangkat korban.

Dari situlah pelaku mendapat banyak keuntungan. Menurut Cheetah Mobile, yang dikutip dari Phone Arena, setidaknya pelaku mengantongi US$ 4 juta per hari atau setara dengan Rp 54 miliar dengan kurs hari ini, Jumat (16/10).

Masih dari laporan yang sama, Cheetah Mobile mengklaim telah menemukan Ghost Push pada sejumlah aplikasi terkenal seperti Talking Tom 3, Calculator, Smart Touch, Easy Locker, Privacy Lock dan masih banyak lagi yang lainnya.

Celakanya lagi, Ghost Push bisa sulit dihapus pada perangkat Android yang sudah di-root. Perlu beberapa aplikasi tambahan untuk menghilangkannya.

Sejauh ini Google sudah menghapus semua aplikasi yang terjangkit Ghost Push, namun pengguna tetap disarankan untuk memeriksa kembali apakah perangkatnya sudah terlanjur terpasang program jahat tersebut.

sumber: entertainweb


Artikel ini ditulis oleh kontributor. Segala proses penulisan diluar tanggung jawab sewarga. Sewarga adalah wadah warga untuk memuat karya tulisannya.