Beranda Nasional Persiapan KA Cepat, KAI Siapkan Opsi Untuk KA Reguler

Persiapan KA Cepat, KAI Siapkan Opsi Untuk KA Reguler

582
0
Sebarkan
Ilustrasi Kereta Api
Ilustrasi Kereta Api

Jakarta, sewarga.com – PT Kereta Api Indonesia (KAI) merencanakan dua opsi untuk pemberdayaan jalur KA reguler Jakarta-Bandung setelah dioperasikannya KA cepat Jakarta-Bandung pada 2019.

Direktur Utama PT KAI Edi Sukmoro menjelaskan, untuk saat ini dari 16 perjalanan pergi pulang KA Argo Parahyangan per hari terisi rata-rata 5.000 penumpang. Karena itu, opsi pertama adalah menjadikan KA cepat sebagai alternatif pilihan selain KA reguler bagi masyarakat.

“Kalau (masyarakat) membutuhkan cepat maka akan memilih KA cepat, tetapi kalau mereka ingin melintasi Jakarta-Bandung tidak terlalu cepat saya pikir dia tetap akan memilih Argo Parahyangan,” kata Edi di Jakarta, Jumat (16/10).

Lalu yang kedua, menurut Edi, adalah memfokuskan jalur KA reguler untuk memfasilitasi angkutan barang Jakarta-Bandung. Hal tersebut pun dianggap mampu mengurangi beban jalan tol yang mengakses Jakarta-Bandung.

“Kami lihat angkutan barang yg sekarang bisa kami tarik dari Bandung-Jakarta masuk ke Tanjung Priok, termasuk yang di Bandung itu ada Gede Bage. Di sana membutuhkan angkutan kereta juga sehingga bisa juga perhitungan kami itu digunakan untuk fokus ke angkutan barang sehingga kontainer-kontainer dan beban barang Bandung-Jakarta sebaliknya itu tidak lagi diharuskan lewat tol,” tuturnya.

sumber: Berbagai sumber


Artikel ini ditulis oleh kontributor. Segala proses penulisan diluar tanggung jawab sewarga. Sewarga adalah wadah warga untuk memuat karya tulisannya.