Beranda Internasional Erdogan dan Obama Berdiskusi soal Konflik Suriah via Telepon

Erdogan dan Obama Berdiskusi soal Konflik Suriah via Telepon

105
0
Sebarkan
Presiden Turki, Recep Erdogan, bersama Presiden AS, Barack Obama berdiskusi soal ISIS dan sikap terhadap intervensi militer Rusia di Suriah via telepon. (Reuters/Francois Lenoir)
Presiden Turki, Recep Erdogan, bersama Presiden AS, Barack Obama berdiskusi soal ISIS dan sikap terhadap intervensi militer Rusia di Suriah via telepon. (Reuters/Francois Lenoir)

Jakarta, sewarga.com –¬†Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan, bersama Presiden Amerika Serikat, Barack Obama, membicarakan penguatan kerja sama melawan kelompok militan ISIS dan sikap mereka terhadap militer Rusia di Suriah via telepon pada Jumat (16/10).

“Kedua pemimpin mengonfirmasi tujuan bersama mereka tentang peningkatan tekanan militer di Daesh (daerah ISIS) dan memperkuat oposisi moderat untuk menciptakan kondisi yang diperlukan transisi politik di Suriah,” menurut pernyataan kantor Erdogan, dilansir dari Reuters.

Dalam dialog telepon tersebut, Obama juga menyampaikan duka citanya terhadap serangan bom bunuh diri ganda di Ankara, pada Sabtu lalu.

Obama menyampaikan solidaritas bahwa AS akan mendukung Turki menghadapi segala ancaman.

Masih menurut pernyataan tersebut, Erdogan dan Obama sepakat untuk segera mengakhiri serangan dari Partai Pekerja Kurdistan di Turki.

Sementara terkait penyelesaian krisis pengungsiu, Turki ditawari dana bantuan sebesar 3 miliar euro, atau sekitar Rp45,5 triliun oleh Uni Eropa.

para pemimpin Uni Eropa yang menghadiri pertemuan di Brussels juga menawarkan kemungkinan pengajuan visa perjalanan yang lebih mudah dan memperkuat pembicaraan soal kemungkinan bergabungnya Turki ke Uni Eropa.

Para pemimpin Uni Eropa berjanji akan menyusun rencana dengan Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan untuk bekerja sama demi meningkatkan taraf hidup dua juta pengungsi Suriah di Turki, sehingga mereka tidak mencari penghidupan yang lebih baik di negara-negara Eropa.

sumber: Berbagai sumber


Artikel ini ditulis oleh kontributor. Segala proses penulisan diluar tanggung jawab sewarga. Sewarga adalah wadah warga untuk memuat karya tulisannya.