Beranda Budaya Pembelajaran Berpikir Ilmiah

Pembelajaran Berpikir Ilmiah

22
0
Sebarkan

ADA pertanyaan lama tertuju ke dunia pendidikan: apakah pembelajaran berpikir ilmiah berhasil? Pertanyaan ini sudah lama menggema. Inilah pertanyaan yang menandai adanya kenyataan, bahwa pembelajaran berpikir ilmiah tak sepenuhnya berhasil.

Ketidakberhasilan ini hampir bersifat umum dan menyeluruh. Bahkan hingga jenjang pendidikan tinggi, pembelajaran berpikir ilmiah itu tak sepenunhnya berhasil, ditandai oleh maraknya kasus plagiarisme.

Berpikir ilmiah adalah berpikir berdasarkan kaidah dan metode ilmu pengetahuan, dalam memahami kenyataan.

Pada dasarnya, manusia telah terbiasa berpikir, telah lazim menggunakan pikiran-pikirannya. Aksi-reaksi dalam kehidupan manusia tak pernah bisa dilepaskan dari aktivitas berpikir.

Tapi lantaran berpijak pada kaidah dan metodologi ilmu pengetahuan, berpikir ilmiah tidak sama dan tidak sebangun dengan berpikir biasa-biasa saja.

Ambillah contoh peristiwa besar bencana alam. Mendadak sontak, ribuan manusia melibatkan pikirannya memahami bencana alam.

Hanya saja, seberapa banyak populasi manusia berpikir ilmiah demi memahami bencana alam? Jujur harus dikatakan, sebagian besar populasi manusia berpikir biasa-biasa saja, tidak berpikir ilmiah.

Please enter your comment!
Please enter your name here