Beranda Bisnis Marketing 10 Bisnis yang Lagi Naik Daun di Kalangan Pengusaha Usia 20an. Apa...

10 Bisnis yang Lagi Naik Daun di Kalangan Pengusaha Usia 20an. Apa Saja Sih?

18
0
Sebarkan

10 Bisnis yang Lagi Naik Daun di Kalangan Pengusaha Usia 20an. Apa Saja Sih?

Sumber Gambar: inspirasiusahasukses.wordpress.com

“Sukses itu nggak menunggu umur.”

Saat ini, perekonomian Indonesia semakin bertumbuh. Salah satu yang mendorong pertumbuhan ekonomi tersebut adalah banyaknya anak muda Indonesia yang kini terjun dalam dunia bisnis. Oke, kita simak yuk beberapa bisnis yang menjadi tren dan dilirik oleh anak-anak muda Indonesia.

1. Online shop.

Buat kamu yang pengen mulai menekuni bisnis, ini bisa jadi langkah awal yang paling mudah. Saat ini banyak anak muda yang sudah mulai merintis bisnis online-nya. Yang dijual pun beragam, mulai dari pakaian, aksesoris, camilan, buku, sampai produk kecantikan. Kebanyakan online shop tidak memproduksi dagangannya sendiri, tapi mengambil produk dari produsen/grosir/importir. Penjualan bisa dilakukan melalui beragam platform media sosial, mulai dari Facebook, BBM, Line ataupun Instagram. Produkmu juga bisa dijual di situs jual beli online seperti Tokopedia, Lazada dan Blibli. Salah satu anak muda yang sudah sukses menjalankan bisnis ini adalah Shinta Chandriani, mahasiswi jurusan Akuntansi di salah satu kampus di Tangerang. Dengan online shop yang bergerak di bidang fashion, Shinta bisa meraih omzet jutaan rupiah per bulannya.

2. Bisnis kuliner

Dari dulu sampai sekarang, yang namanya bisnis kuliner bisa dibilang tak ada matinya. Untuk menekuni bisnis inipun gampang-gampang susah. Kuncinya adalah kamu mesti punya produk kuliner yang original dan hanya bisa dibeli di tempatmu. Sekarang, banyak juga lho anak-anak muda yang berkreasi dengan aneka produk kuliner seperti abon jamur, rendang, hingga sambal kemasan.

3. Membuka kafe.

Seiring perubahan gaya hidup, anak-anak muda Indonesia sekarang ini doyan banget yang namanya nongkrong di kafe untuk mendapatkan suasana yang nyaman. Bayangin tuh, untuk segelas kopi, banyak orang rela merogoh koceknya sampai puluhan ribu rupiah. Bisa dibayangkan dong, keuntungan yang bisa kamu dapat kalau kamu buka kafe? Eits, tapi ingat kuncinya ya: bikin suasana kafemu super nyaman dan keren!

4. Industri kreatif.


Udah tahu kan, kalau pemerintah sekarang sedang fokus mengembangkan industri kreatif dalam negeri? Kalau kamu punya keahlian di bidang fotografi, desain atau multimedia, ini nih saatnya kamu membangun timmu sendiri untuk menjadi entrepreneur di bidang kreatif! Kalau kamu merasa kurang bisa dengan yang digital, kamu juga bisa mengembangkan UKM kreatif. Banyak lho orang-orang muda yang sekarang dengan kreatif mendaur ulang sampah menjadi produk-produk cantik untuk dekorasi interior. Tentunya, keuntungan yang didapat cukup menjanjikan lho!

5. Software developer.

Sampai beberapa tahun ke depan, software developer bakal jadi profesi yang paling dicari di dunia. Bahkan, ada seorang remaja 15 tahun yang diperebutkan oleh Facebook dan Google karena ia membuat aplikasi game Impossible Rush, yang ternyata bisa menghasilkan keuntungan hingga ribuan dolar per harinya. Karena itu, kalau kamu bisa ilmu coding dan programming, jangan ragu untuk menjalankan bisnismu sendiri sebagai independent software developer!

6. Endorser

Nah, sekarang nih yang lagi happeningbanget di Indonesia adalah endorser. Dengan menciptakan konten-konten yang menarik jutaan followers, akun-akun milik instagrammerblogger dan youtuberpun mulai dilirik divisi marketing di berbagai perusahaan untuk meng-endorse produk-produknya. Tentunya, ada aroma uang yang cukup menggiurkan dong dibaliknya! Pengen tahu siapa aja yang udah sukses di bisnis ini? Ada @dagelan, Bayu Skak dan Chandra Liaow!

7. Make-up artist.

Zaman sekarang, siapa sih yang nggak peduli sama make-up? Karena itu, meniti karir sebagai make-up artist selalu mendatangkan keuntungan. Dengan keahlianmu memakai make-up, kamu bisa menawarkan jasamu untuk teman-temanmu yang akan wisuda dan menghadiri pesta. Jangan lupa selalu pajang karyamu di media sosial, agar semakin banyak orang yang mengenal jasa yang kamu tawarkan dan bisnismu bisa terus berkembang.

8. Event organizer.

Seseorang pernah berkata, zaman sekarang zamannya orang-orang malas. Karena itu pula, saat membuat acara, banyak orang cenderung tidak mau direpotkan dan memilih memakai jasa Event Organizer (EO). Kalau kamu siap berkolaborasi dengan sahabat-sahabatmu, bisnis EO cukup menjanjikan lho! Terutama di musim-musim ramai pernikahan. Hehehe

9. Fashion designer.

Kalau kamu seneng banget sama fashiondan aksesoris serta desain, jangan ragu deh untuk membuka brand clothing line-mu sendiri. Selain mendatangkan keuntungan yang menjanjikan, kamu juga bisa menyebarkan style-mu yang super keren itu ke masyarakat Indonesia. Bahkan, banyak lho artis Indonesia yang akhirnya membuka clothing linenya sendiri seperti Pevita Pearce, Vidi Aldiano dan Luna Maya.

10. Jual jasa melalui internet.

Bisnis yang ini kalau udah dijalanin mesti sepenuh hati karena gampang-gampang susah nih bro! Biasa dikenal dengan nama situs e-commerce, kamu bisa membuat situsmu sendiri untuk mewadahi beragam kebutuhan di masyarakat. Beberapa contoh suksesnya adalah Tokopedia, Lazada dan Sribulancer.

Udah siap, terjun ke dunia bisnis, kawan-kawan?


Artikel ini ditulis oleh kontributor. Segala proses penulisan diluar tanggung jawab sewarga. Sewarga adalah wadah warga untuk memuat karya tulisannya.

Please enter your comment!
Please enter your name here