Beranda Nasional Madiun Kampoeng pesilat tiada duanya

Madiun Kampoeng pesilat tiada duanya

73
0
Sebarkan

Kampung pesilat…luar biasa dan tiada duanya…hanya di Madiun yang punya….

Madiun merupakan kota penting di Jawa Timur bagian barat. Madiun memiliki beberapa sebutan, seperti Kota Pecel, Kota Brem, Kota Gadis, Kota Kereta Api, Kampung Pendekar, dan lain sebagainya. Nah dikesempatan kali ini saya akan sedikit memaparkan mengapa Madiun disebut sebagai Kampung Pendekar.

     Yang dimaksud Kampung Pendekar bukan berarti semua warga kota Madiun itu adalah pendekar. Tetapi karena banyaknya perguruan bela diri yang dapat anda temui di Madiun. Sebut saja pencak silat, taekwondo, karate, yongmoodo, muaythai, dan lain-lain. Tetapi sebutan Kampung Pendekar ini lebih mengacu kepada banyaknya perguruan pencak silat tersebut.

     Sebut saja PSH TERATE, PSH Winongo, dan IKSPI yang merupakan perguruan asli Madiun dan berpusat di Madiun. Perguruan-perguruan tersebut memiliki murid atau pengikut yang tersebar ke seluruh Indonesia bahkan hingga ke mancanegara. Belum lagi ada Merpati Putih, SH Tuhu Tekat, IKS Pro Patria, Ki Ageng Pandan Alas, Tapak Suci dan masih banyak lagi yang menambah keberagaman perguruan yang ada di Madiun.

     Status Kampung Pendekar tidak lepas dari tradisi Suroan disetiap tahunnya. Hampir dapat dipastikan setiap Suro, Madiun akan dipenuhi oleh para pendekar dari dalam dan luar kota Madiun untuk melakukan nyekar, kenaikan sabuk, dan juga hampir dapat dipastikan lagi terjadinya gesekan atau konflik yang mewarnai jalannya kegiatan Suroan tersebut. Tetapi justru itulah yang membuat Madiun memiliki ciri khas yang tidak dapat dijumpai dikota lain di Indonesia.

  


Artikel ini ditulis oleh kontributor. Segala proses penulisan diluar tanggung jawab sewarga. Sewarga adalah wadah warga untuk memuat karya tulisannya.

Please enter your comment!
Please enter your name here