Beranda Nasional Letusan Merapi Mengarah ke Utara dan Selatan, Waspadai Hujan Abu

Letusan Merapi Mengarah ke Utara dan Selatan, Waspadai Hujan Abu

12
1
Sebarkan
Warga melintasi jalan yang diselimuti abu vulkanik letusan Gunung Merapi di Muntilan, Jawa Tengah, Kamis (24/5/2018). Sejumlah daerah di kawasan Magelang, Jawa Tengah terkena hujan abu vulkanik akibat letusan Gunung Merapi yang terjadi pada Kamis pukul 02.56 WIB dengan durasi 4 menit dan tinggi kolom (asap letusan) 6.000 meter.

KOMPAS.com – Berdasarkan data Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG), Gunung Merapi kembali erupsi pagi ini, Jumat (1/6/2018) pukul 08.20 WIB dengan tinggi kolom abu 6.000 meter.

Informasi dari BMKG Stasiun Klimatologi Mlati Yogyakarta via Twitter @StalkimJogja, pantauan RGB Citra Satelit Cuaca Himawari pukul 09.10 WIB menunjukkan debu vulkanik bertiup ke arah utara dan selatan.

Pada pantauan sebelumnya pukul 08.30 WIB, letusan mengarah ke barat daya, sesuai dengan arah angin di sekitar Merapi saat itu.

BPPTKG menghimbau daerah di sebelah barat daya Merapi untuk mewaspadai terjadinya hujan abu.

“Info via @StaklimJogja arah angin di seputar Merapi saat ini dominan ke arah Barat Daya (BD), waspadai hujan abu di wilayah tersebut,” tulis BPPTKG dalam cuitan di Twitter @BPPTKG.

BPPTKG juga mengingatkan masyarakat untuk selalu siap dengan segala Alat Perlindungan Diri (APD) seperti jaket, kacamata, dan masker saat bepergian keluar rumah.

Sejauh ini status Gunung Merapi masih ada di level waspada dan masyarakat diminta untuk tetap tenang.

Penulis: Luthfia Ayu AzanellaEditor: Farid Assifa

Artikel Asli


Artikel ini ditulis oleh kontributor. Segala proses penulisan diluar tanggung jawab sewarga. Sewarga adalah wadah warga untuk memuat karya tulisannya.

1 Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here