Beranda Nasional BNPB: Beredar Foto Hoax Bangkai KM Sinar Bangun di Dasar Danau Toba

BNPB: Beredar Foto Hoax Bangkai KM Sinar Bangun di Dasar Danau Toba

33
0
Sebarkan
Foto hoax KM Sinar Bangun

TRIBUNWOW.COM – Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho menegaskan bahwa foto yang beredar di media sosial terkait tenggelamnya KM Sinar Bangun yang ditemukan di dasar Danau Toba adalah hoax.

Dilansir Tribunwow.com, hal itu ia sampaikan melalui akun Twitternya @Sutopo_PN yang diunggah Selasa (26/6/2018).

Dirinya meyakini jika foto tersebut adalah hasil editan lantaran hingga saat ini bangkai kapal belum ditemukan secara pasti.

Sutopo juga memberikan gambaran kondisi danau di mana minim pencahayaan, dingin, dan belum ada alat yang bisa digunakan penyelam untuk menuju dasar danau.

@Sutopo_PN: Beredar foto KM Sinar Bangun di dasar Danau Toba. Foto ini Hoax. Foto editan. Hingga saat ini bangkai kapal belum ditemukan secara pasti. Apalagi difoto di dasar danau. Kedalaman dasar Danau Toba 490 m, kondisi gelap, dingin dan belum ada alat/penyelam hingga di dasar danau.

Diberitakan sebelumnya, sebuah kapal penumpang KM Sinar Bangun dikabarkan lepas kendali.

Kapal yang membawa penumpang dari Simanindo menuju Tigaras, lepas kendali lantaran cuaca yang buruk, pada Senin (18/6/2018) sekitar pukul 17.00 WIB.

Kapal KM Sinar Bangun ini sebelum tenggelam membawa penumpang sekitar 70 orang.

Sebanyak 22 korban sudah ditemukan, 19 diantaranya selamat termasuk Nakhoda kapal serta 3 meninggal dunia yang semuanya perempuan.

Hingga kini masih ada 184 korban KM Sinar Bangun yang masih hilang dalam tragedi tenggelam di perairan Danau Toba dan Tim Basarnas Gabungan masih terus lakukan penyisiran, untuk temukan bangkai kapal tersebut.

Tim Basarnas Menemukan Posisi KM Sinar Bangun pada kedalaman 450 meter

Tim survey Basarnas dan Mahakarya Geo Survey – IAITB yang dipimpin langsung oleh Kepala Basarnas serta disaksikan oleh Menteri Sosial Bapak Idrus Marham menyatakan telah menemukan dan mengidentifikasi posisi KM Sinar Bangun.

Mahakarya Geo Survey IAITB, Henky Suharto menyebut KM Sinar Bangun berada pada koordinat 2 deg 47’ 3.835 N dan 98 deg 46’ 10.767 E, dengan kedalaman mencapai 450 meter.

Direktur Utama Badan Pengelola Otorita Danau Toba (BPODT), Arie Prasetyo membenarkan bahwa sudah ditemukan titik koordinat dimana KM Sinar Bangun tenggelam.

“Kapal itu berada pada kedalaman 450 meter,” kata Arie, Minggu (24/6/2018) dikutip dari Tribun Medan.

“Bangkai kapal didapati tenggelam pada kdalaman 450 meter. “Dengan koordinat 2 deg 47’ 3.835 N
98 deg 46’ 10.767 E,” jelas Arie. (TribunWow/Dian Naren)

Artikel Asli


Artikel ini ditulis oleh kontributor. Segala proses penulisan diluar tanggung jawab sewarga. Sewarga adalah wadah warga untuk memuat karya tulisannya.

Please enter your comment!
Please enter your name here