Beranda Mahasiswa Jenis-jenis Mahasiswa Yang Harus Kamu Tahu Biar Gak Salah Gaul.

Jenis-jenis Mahasiswa Yang Harus Kamu Tahu Biar Gak Salah Gaul.

29
0
Sebarkan

Menjadi seorang mahasiswa, merupakan dambaan bagi kaula muda saat ini. Dengan berbagai macam predikatnya, menjadi seorang mahasiswa adalah suatu kebanggaan tersendiri. Hal tersebut tergambarkan dari tingginya animo peserta yang berjuang untuk bisa menaruh satu nama di bangku perkuliahan, baik negeri ataupun swasta. Terbukti dari data yang ada, peserta yang mendaftar di SBMPTN – Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri – di tahun 2018, meningkat sebesar 8%  bila dibandingkan dengan tahun sebelumnya yakni berjumlah 860.001 peserta, sedangkan di tahun 2017 sebesar  797.023 peserta.

Ada banyak alasan, mengapa mereka begitu ngotot untuk tetap berjuang agar dapat diterima di perguruan tinggi. Diantaranya adalah karena bagi mereka semakin tinggi taraf pendidikan seseorang, maka semakin enak pula pekerjaan yang akan diperoleh nanti. Kemudian masih menurut mereka, menjadi mahasiswa berarti drajat status sosial mereka ikut terangkat, lantaran di mata masyarakat mahasiswa merupakan golongan yang berani, kritis dan juga berwawasan serta serba bisa.  Apalagi penilaian masyarakat yang tinggal di wilayah yang jauh dari pusat kota, mereka memandang mahasiswa sebagai suatu predikat yang bergengsi. Dan penilaian semacam itupun terus tewariskan turun temurun serta lestari. Maka dari itu, kenapa banyak kaula muda begitu gigih sekali berjuang supaya bisa lolos dalam tes perguruan tinggi. Alasannya ya itu, mendapat ijazah sarjana nanti bisa dapet kerja yang enak dan status sosial naik lantaran gengsi.

Dan kini, tahun ajaran baru sebentar lagi akan segera dimulai. Berarti akan ada banyak sekali maba –Mahasiswa Baru – bertebaran di setiap kampus. Wajah-wajah berseri (polos maksudnya) akan menghiasi tempat-tempat di setiap sudut kampus di tahun akademik saat ini. Serangkaian ospek (orientasi pengenalan kampus) akan mereka jalani, yang kemudian setelah itu sah lah sudah mereka menyandang predikat sebagai mahasiswa, yeay.!!

Tapi, ada beberapa hal berikut yang perlu diketahui oleh para calon maba, supaya mereka tidak terjebak dalam kehidupan per – Mahasiswa – an yang sebenarnya tidak sesuai dengan ekspektasi seperti yang ada di film-film eftipi. Berikut adalah tipe-tipe mahasiswa yang mesti diketahui, agar para calon maba  tahu dimana posisi mereka nanti.

  1. KUPU-KUPU. Mahasiswa tipe ini terkenal sebagai mahasiswa yang simple, kehidupannya yang mengalir begitu saja seakan tanpa beban. Mereka sepertinya tampak apatis terhadap kehidupan kampus. Bagi mereka, kuliah itu yang penting nilai bagus, mata kuliah semua nya lulus, ipk lumayan, wisuda, nikah dan hidup bahagia, serta punya banyak anak, tua gembira, lalu mati masuk surga (Aduhai!). Persoalan politik, baik di dalam kampus ataupun di luar kampus, masa bodo. Yang terpenting uang jajan, lancar jaya. Mereka adalah mahasiswa Kuliah Pulang – Kuliah Pulang.
  2. KUMANG-KUMANG. Mahasiswa jenis ini merupakan kelanjutan dari mahasiswa tipe nomor 1. Hanya saja mereka tidak langsung pulang. Sebelum pulang, mereka suka sekali berwara-wiri keberbagai tempat destinasi hiburan, baik ke pantai, gunung, air mancur, ya.. paling banter ke warung kopi samping alun-alun kota. Bagi mereka, “hidup ini harus banyak-banyak piknik, biar otak gak panik”. Apalagi kalau tugas numpuk menggunung, “Sudah lah, piknik saja dulu” celotehnya. Mereka adalah mahasiswa Kuliah Main Pulang – Kuliah Main Pulang.
  3. MAHO NORAK. Eitss.. jangan salah kaprah dulu, maksudnya bukan gay. Mereka ini dikenal sebagai mahasiswa yang pro aktif. Jam terbangnya tinggi dalam tiap acara. Bagi mereka, “gak ada waktu yang terbuang”, semboyan mereka “My Organisasi is My Soul”. Menurut mereka, organiasasi adalah wadah yang mengajarkan segala hal. Mulai dari keterampilan hingga kedisiplinan. Tipe mahasiswa ini, biasanya cekatan kalau dijadiin kepanitiaan acara. Tapi perlu diingat, mereka ini tidak bergerak di dalam dunia pergerakan (politik) kampus. Yaps.. mereka adalah Mahasiswa Oraganisatoris Non – Pergerakan.
  4. MAGER. Dari namanya bukan berarti mereka ini malas-malasan loh ya. Malah justru mereka ini terkenal sebagai mahasiswa yang aktif, sama seperti mahasiswa tipe MAHO. Bedanya mereka aktif dibidang pergerakan politik. Seringkali mereka melakukan serangkaian aksi, sebagai bentuk sikap protes terhadap kebijakan pemerintah yang dianggap tidak berpihak kepada rakyat (skutt!). Selain terkenal aktif dalam berorganisasi dan juga aksi, mereka juga dikenal sebagai mahasiswa yang idealis (meski kadang realistis). Hobi mereka, kalau gak bikin agitasi – selebaran propaganda – ya.. aksi, kalau gak demo (sama aja sih sebenarnya). Selain itu juga mereka suka sekali dengan namanya diskusi, terlebih lagi kalau masalah yang sedang hangat diperbincangkan. Obrolan mereka biasanya seputar HAM, politik populis, agraria, dan lain sebagainya. Kalau ditanya, apa cita-cita mereka? Jawabannya adalah ingin merubah tatanan sistem yang mempu mensejahterakan rakyat! Mereka adalah.. Yaps, apalagi kalau bukan Mahasiswa Aktifis Pergerakan.

Itulah beberapa tipe-tipe mahasiswa yang harus kamu tahu, sebagai calon maba. Supaya kamu gak kehilangan jati diri sebagai pemegang predikat agung MAHASISWA, yang katanya Agent of Change – Agen Perubahan – dan Agent of Social Control (agen pengawasan sosial).

Menjadi mahasiswa itu pilihan, pencitraan itu suatu keniscayaan. Karena kehidupan mahasiswa itu tidak lah indah seperti gambaran yang ada di film-film eftipi. So, kalau sudah terlanjur kecempelung kedalam dunia mahasiswa. Jangan lupa belajar yang rajin, dan ingat pesan ini “IPK ADALAH CANDU!”. Hidup Mahasiswa! Merdeka!. Salam dangdut.[]


Artikel ini ditulis oleh kontributor. Segala proses penulisan diluar tanggung jawab sewarga. Sewarga adalah wadah warga untuk memuat karya tulisannya.

Please enter your comment!
Please enter your name here